Jurus Menggaet Banyak Teman

“Orang-orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu, damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu, dan patuhlah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat!” (QS Al Hujurat, 49:10)
6 Jurus Menggaet Banyak Teman
1.Lakukan sesuatu buat orang lain,seperti dikatakan oleh seorang psikolog, “Individu yang gak tertarik dengan teman-temannya adalah orang yang punya kesulitan terbesar dalam hidupnya dan memberikan luka terbesar pada orang lain. Dari orang semacam itulah semua kegagalan manusia timbul”. Kalau kita mau berteman, biarkan diri kita melakukan sesuatu buat orang lain atas pertimbangan kesenangan
2.Jangan lupa smile! Ingatlah selalu kalau senyum adalah ibadah. Taukah kamu kalau imbas dari senyum itu amat besar, bahkan saat senyum itu gak kelihatan depan mata. Contohnya, saat berbicara di telepon. Kalau orang yang kita telepon itu keluar suara yang menyebalkan pastilh kita ingin segera mutusin pembicaraan. Pepatah Cina mengatakan “seseorang tanpa wajah yang tersenyum tidak boleh membuka took”. Bayangin aja kalau kita datang ke suatu tempat, terus orang yang kita datangin itu semuanya pada merengutkan dahi,merengut atau membuang muka udah pasti kita ingin cepat-cepat angkat kaki dari situ. Senyum bisa membawa kebahagiaan bagi semua orang, karena dengan senyum hidup terasa lebih menyenangkan.
3.Ingatlah namanya, bila kita sadar akan keajaiban yang ada dalam sebuah nama, mka betapa amat sangat berarti. Yang udah-udh kita sering meremehkan hal ini, iya ga?! Kebanyakan orang nggak mau nginget nama karena alasan sederhana yaitu merka gak mau buang waktu dan energi untuk konsentrasi dan ngulang lagi sambil nginget nama di otaknya. Mulai sekarang rubah ya,janji lho.
4.Jadilah Good Listener, satu hal yang sebenarnya amat penting dalam suatu perkenalan bahkan persahabatan adalah menjadi pendengar yang baik. Teman kita akan bête, kalau kita ngomongnya me…and me…terus! Kapan dong kita kasih kesempatan orang lain untuk berbagi cerita? Ingatlah, bahwa gak ada salahnya bila kita jadi pendengar keruwetan orang lain, karena disitulah seninya dalam berteman. Saling berbagi segalnya. Iya kan?!
5.Kenalilah hobbinya, terkadang banyak persahabatan yang dimulai dari kesukaan yng sama, misalnya sama-sma suka olahraga, satu selera dalam makan, gaya pakaian, music, dan lainnya. Makanya banyak orang yang sobatannya awet karena hobinya ini, kendati diluar itu ia bagi bumi dan langit. Contohnya aja seperti kita tuh suka banget ama grup nasyid Snada, nah kalau kita punya teman yng suka juga sma Snada bisa jalan bareng kalau pas ada show. Bete kan kalau nonton show sendirian!
6.Lakukan dengan tulus dan Lillahi ta’ala. Percuma deh kalau kita melakukan sesuatu karena sesuatu itu menguntungkan kita, segala perbuatan yang kita lakukan kesannya kok untuk keuntungan kita sendiri. Islam sungguh melarang kita untuk mementingkan diri sendiri. Kalau mau menilik sejarah Nabi besar kita, Muhammad saw. adalah gambran seorang manusia yang tulus melakukan sesuatunya untuk Allah semata. Sikapnya itu terlihat saat kemenangannya dalam peperangan yang beliau lakukan, segala sanjungan dan simpati yang ditujukan kepada beliau, Nabi luruskan untuk diberikan kepada Rabb yang maha agung. Sikap Nabi yang tulus lillahi ta’ala juga yang menyebabkan banyak penduduk Mekkah yang hijrah menjadi Muslim.

Note: Sikap Nabi adalah pelajaran besar bagi kita, kalau semua sikap kita untuk Allah semata, maka segala sesuatunya jadi enak dan menyenangka, percaya deh?!.

0 komentar: